membuat lampu taman otomatis dengan arduino uno

On Sabtu, 03 September 2016 2 komentar

Membuat Lampu Otomatis Menggunakan

 arduino uno


Membuat Lampu Otomatis Menggunakan arduino + Ldr merupakan sebuah project yang dibuat untuk sebuah smart house sederhana yaitu ketika matahari sudah mulai terbenam dan intensitas cahaya menurun otomatis lampu taman pada rumah tersebut akan menyala sendirinya. begitulah project sederhana saya ini dibuat yang nantinya dapat dikembangkan seperti halnya yang saya sudah jelaskan tadi. sebelumnya saya sudah pernah membuat project serupa namun menggunakan control dekstop yang dapat kalian lihat di artikel membuat smart house menggunakan arduino dan delphi. tidak banyak bicara lagi kali ini saya akan menjelaskan cara membuat lampu otomatis menggunakan aeduino dan LDR. berikut merupakan bahan-bahan yang harus kalian siapkan sebelumnya.
  • Sensor LDR : merupakan sebuah sensor cahaya yang digunakan untuk menangkap intensitas cahaya yang berada pada sekitar sensor ldr ini.
  • Dua buah resistor 10 ohm : resistor ini berfungsi sebagai penghambar arus.
  • satu buah LED : yang berfungsi sebagai pengganti sebuah lampu. pada project berikutnya kalian bisa menggunakan sebuah lampu dan tentunya menggunakan relay juga, namun pada project saat ini kalian cukup menggunakan LED saja.
  • lima buah kabel jumper : ini berfungsi sebagai penghubung komponen.
  • satu buah breadboard : yang berfungsi untuk pengganti pcb yang bertujuan mempermudah kalian yang sedang belajar elektronika untuk merangkai sebuah rangkaian tanpa perlu solder menyolder kembali.
  • satu buah arduino Uno : tentunya ini bahan yang paling penting dan kalian sudah mengetahui fungsinya seperti apa.
Setelah kalian memiliki semua bahan bahan berikut maka rangkailah komponen-komponen berikut agar menjadi sebuah rangkaian. dimana salah satu kaki dari Ldr diberikan sebuah resistor dan dua kabel jumper yang dimana satu kabel dihubungkan pada pion 5v dan yang satunya di hubungkan pada pin analog A0. dan untuk kaki satunya dari ldr diberikan sebuah kabel jumper yang dihubungkan kepada pin GND (ground) pada arduino uno. dan pada kaki negatif atau kaki yang lebih pendek pada led ditambahkan sebuah resistor dan kabel jumper yang dimana kabel tersebut dihubungkan pada pin ground arduini, sedangkan kaki positifnya di hubungkan pada pin digital di arduino uno yang lebih jelasnya kalian dapat lihat pada rangkaian dibawah ini.
Membuat Lampu Otomatis Menggunakan Arduino + LDR
setelah kalian merangkainya seperti gambar diatas. maka selanjutnya dilanjutkan dengan menulis codingnya pada arduino IDE. pertama-tama kalian bukalah aplikasi arduino dan atur port dan boardnya sesuai dengan apa yang kalian gunakan. setelah selesai menyeting port dan board yang kalian gunakan lanjutkan dengan menuliskan coding seperti dibawah ini:
int LDR_Pin = A0; //analog pin 0
 int led = 2;
 void setup(){
 pinMode(led, OUTPUT);
 Serial.begin(9600);
 }
 void loop(){
 int LDRReading = analogRead(LDR_Pin);
 if (LDRReading > 1015)
 {
 digitalWrite(led, HIGH);
 }
 else if (LDRReading < 1015)
 {
 digitalWrite(led, LOW);
 }
 }


setelah kalian tuliskan coding diatas cobalah compile dan upload coding yang telah kalian buat tersebut. ketika sudah selesai mengupload maka project dapat digunakan dan cobalah dengan cara mematikan dan menghidupkan lampu terlebih dahulu.demikian project ini saya buat semoga dapat bermamfaat dan jangan lupa untuk subcribe salah satu media social yang tertera pada sidebar web ini. untuk keterangan lebih lanjut kalian dapat melihat di video dibawah ini. dan klik button untuk mendownload source code dari project membuat lampu otomatis menggunakan arduino + LDR ini.

2 komentar:

fey mengatakan...

rangkaiannya mana ? gabisa kebuka

ultimaabernethy mengatakan...

The Top 9 casinos in Las Vegas, Nevada - DrmCD
There are many 의왕 출장샵 places on 부산광역 출장안마 Las Vegas Strip that offer an authentic gambling experience. But for many reasons, Vegas 광주광역 출장안마 is 태백 출장안마 one 영천 출장안마 of the best places to

Posting Komentar